Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 3 November 2013

Monster Hunter 4 Selamatkan Keuangan Capcom


Capcom memang menghadapi masalah finansial yang terbilang sulit. Dengan penjualan beberapa franchise raksasa yang ternyata di luar ekspektasi, Capcom seolah kehilangan opsi untuk mengembalikan posisi mereka sebagai salah satu publisherpaling disegani di industri game. Berita bahwa Capcom tidak memiliki budget untuk mengembangkan Street Fighter V kian membuat rasa pesimis tersebut memburuk. Publisher asal Jepang ini sendiri sempat menyatakan bahwa akan beralih ke sistem DLC untuk mendulang lebih banyak uang dari setiap game yang mereka publish. Sebelum kebijakan ini efektif, Capcom tampaknya sudah menemukan secercah harapan.

Laporan keuangan resmi yang dirilis oleh Capcom akhirnya memperlihatkan angka yang positif. Setelah mengalami kerugian besar selama berapa periode, angka penjualan selama enam bulan terakhir mengalami peningkatan sekitar 16.9% persen di angka 53 Milyar Yen. Tidak hanya itu saja, pendapatan bersih yang ada juga meningkat signifikan ke angka 4,95 Milyar Yen, atau naik 20 persen dari possisi sebelumnya. Siapa malaikat penyelamat Capcom? Tidak lain dan tidak bukan adalah Monster Hunter 4. Animo yang begitu kuat di pasar Jepang berhasil menelurkan penjualan hingga tiga juta kopi Monster Hunter 4. Salah satu game dengan performa di luar target hanyalah Lost Planet 3.

Setelah berkutat dengan angka keuangan yang negatif,, secercah harapan hadir untuk Capcom. Sang penyelamat? Tidak lain dan tidak bukan adalah game action andalan mereka - Monster Hunter 4.

Setelah berkutat dengan angka keuangan yang negatif,, secercah harapan hadir untuk Capcom. Sang penyelamat? Tidak lain dan tidak bukan adalah game action andalan mereka – Monster Hunter 4.
Menariknya lagi, posisi game terlaris dari semua jajaran Capcom juga berubah di laporan keuangan terbaru ini. Setelah dikuasai oleh seri klasik tahun 1992 – Street Fighter II selama dekade terakhir ini, Capcom dengan bangga mengumumkan bahwa predikat game Capcom terlaris sepanjang masa kini sudah dipegang oleh game survival horror tahun 2009 mereka – Resident Evil 5. RE 5 kini sudah berada di posisi pertama dengan 6.5 juta unit.

Pencapaian seperti ini tentu saja menjadi berita baik, tidak hanya bagi Capcom, tetapi juga para gamer yang tentu saja menginginkan lebih banyak proyek terbaru dari publisher asal Jepang ini. Capcom sendiri saat ini tengah mengembangkan dua seri next-gen utama: Deep Down untuk Playstation 4 dan Dead Rising untuk Xbox One. Potensi pendapatan Monster Hunter 4 juga masih berpotensi bertambah mengingat game ini sendiri belum meluncur untuk pasar di luar Jepang.
Keep healthy Capcom, we still love and need you!

No comments:

Post a Comment