Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 18 November 2013

Harga Smartphone Turun, Namun Tidak untuk BlackBerry

smartphone 2

Memasuki kuartal ketiga tahun ini, harga jual rata-rata smartphone bermerek mengalami penurunan dibanding pada kuartal yang sama pada tahun lalu. Mulai smartphone Andorid, iOS, hingga Windows Phone, mengalami penurunan harga jual rata-rata. Sayangnya, kondisi ini tidak terjadi untuk smartphone BlackBerry bila dibanding kuartal ketiga tahun lalu.

Menurut data terbaru yang dikeluarkan IDC, harga jual rata-rata smartphone telah menurun menjadi US$ 372 pada 2013 ini. Angka itu turun dari US$ 407 pada tahun lalu dan US$ 443 pada 2011. Bahkan IDC memperkirakan, harga rata-rata jualnya bisa jatuh lagi menjadi US$ 309 pada 2017 mendatang.
“Harga jual rata-rata (ASP) smartphone terus menurun sebagai ambisi untuk menjadikan perangkat lebih mudah terjangkau dan terus tumbuh. ASP turun 12,5 persen pada kuartal ketiga 2013 menjadi rata US$ 317. Perangkat layar besar umumnya dijual dengan harga lebih tinggi dari perangkat layar kecil karena adanya kebutuhan untuk mengimbangi harga komponen yang lebih mahal,” tulis IDC dalam siaran persnya.

smartphone

Sementara rata-rata harga jual smartphone BlackBerry pada kuartal ketiga 2013 ini mengalami kenaikan signifikan menjadi sekitar US$ 386. Padahal pada kuartal ketiga tahun lalu, rata-rata harga jualnya tercatat masih berada di angka kisaran US$ 324.

“Sekarang, BlackBerry dengan CEO baru mesti dilihat, bagaimana dan kapan platform mereka akan mengubah arah dalam menghadapi kepungan dan tekanan dari Android, iOS, dan Windows Phone,” ujar IDC.
Lebih lanjut, smartphone iPhone yang diangap sebagian kalangan sebagai handset mewah tak luput dari penurunan harga jualnya. Pada kuartal ketiga 2012, Aple masih memberikan harga sekitar US$ 675 untuk tiap smartphone terbarunya. Namun memasuki kuartal ketiga tahun ini, harganya terus merosot menjadi US$ 635. Begitupun juga dengan smartphone middle-end Samsung berplatform Android, menurun dari US$ 333 menjadi US$ 289. Smartphone Windows Phone pun juga demikian, turun sebesar US$ 23 menjadi US$ 287.

“Android dan Windows Phone terus membuat langkah signifikan pada kuartal ketiga. Meskipun berbeda dalam pangsa pasar, mereka berdua memiliki satu faktor penting di balik kesuksesannya: harga. Kedua platform memiliki pilihat perangkat yang tersedia dengan harga yang cukup rendah agar terjangkau untuk pasar massal, dan itu adalah pasar massal yang mendorong seluruh pasar ke dapan,” ujar Ramon Llamas, manajer riset di IDC.

No comments:

Post a Comment