Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Tuesday 12 November 2013

AMD APU13 Tampilkan HSA dan Kaveri

AMD-APU13-Dev-Sum

AMD Developer Summit 2013 yang dikenal juga dengan AMD APU13 adalah sebuah acara di mana AMD membuka diri kepada para pengembang teknologi. Tujuannya agar pengembang bisa memahami teknologi AMD dan bisa mengembangkan produk (software/hardware) yang sejalan dengan teknologi tersebut. Topik utama dalam AMD Developer Summit ini adalah berkisar seputar APU dan software/hardware pendukungnya.

AMD APU13 Opening

Dalam pembukaan AMD APU13, pihak AMD mengutarakan mengenai pentingnya heterogeneous computing. Kolaborasi antara akselerator-akselerator di dalam sebuah sistem menjadi hal terpenting demi kemajuan teknologi. Keynote singkat namun padat di hari pembukaan ini mengutarakan topik-topik yang akan dibahas secara mendalam untuk beberapa hari mendatang.

HSA: Akan ada partner baru
Heterogeneous System Architecture atau HSA menjadi topik utama di dalam APU13. Setelah sebelumnya memperkenalkan hUMA atau sistem memori terpadu antara CPU dan GPU dan hQ (sistem yang memungkinkan GPU dan CPU menjadi setara), APU13 akan membahas implementasi HSA yang lebih mendalam.

Adapun hal yang cukup menarik adalah mengenai akan adanya contributing partner baru dalam konsorsium HSA. Hal ini akan sangat menarik, mengingat kita belum melihat adanya nama besar seperti Google dan Microsoft di dalam konsorsium tersebut. Adapun detail mengenai partner baru tersebut baru akan diungkap beberapa hari ke depan.

AMD APU13 Kaveri

Kaveri: Tahun ini!
Terkait dengan HSA, AMD pun perkenalkan detail lebih jauh mengenai APU mendatangnya, (codename) Kaveri. APU berbasis prosesor dengan sandi Steamroller dan GPU berbasis GCN, adalah APU pertama AMD yang akan hadir dengan hUMA dan hQ. Dengan kata lain, ini adalah APU pertama yang dioptimalkan untuk HSA.

AMD APU13 Kaveri2

Kaveri akan datang dengan performa computing 856 Gflops dan 47% bagian Kaveri adalah GPU.
Sisi prosesor dari Kaveri menjanjikan performa single core yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Hal ini memang sesuatu yang kami nantikan. Sebab, performa single core prosesor AMD memang sudah meningkat, tapi memang belum cukup untuk bersaing ketat dengan pesaingnya di kelas atas.

AMD APU13 Kaveri spec

Secara detail, Kaveri bisa mencapai 4 core Steamroller (CPU) dengan sisi GPU menggunakan hingga 8 compute unit GCN (512 core “stream processor”).

AMD APU13 Kaveri TrueAudio

AMD TrueAudio akan ditanamkan pada Kaveri. Ini adalah hal yang baru dan menarik. Sebab, TrueAudio baru saja diperkenalkan pada GPU terbaru AMD, Hawaii. Adanya TrueAudio akan membuat Kaveri memiliki keunggulan tersendiri dalam hal gaming.

AMD APU13 Kaveri Mantle

Mantle pun akan tersedia pada Kaveri. Mengingat GPU Kaveri memang berbasis Kaveri, sudah sewajarnya Mantle pun didukung. Hal yang menarik adalah, pada game yang menggunakan API Mantle, IGP Kaveri seharusnya mampu menjalankannya pada kualitas gambar yang cukup baik.

AMD APU13 Kaveri vs

AMD Kaveri vs Intel+NVIDIA
Sebuah demo perbandingan pun ditampilkan oleh AMD. Dalam hal ini, AMD menggunakan Kaveri A10. Sementara, pembandingnya adalah sistem yang memakai prosesor Intel Core i7-4770K dengan VGA NVIDIA GT630.

Dalam demo Battlefield 4, tampak bahwa pada resolusi 1080p, Kaveri masih mampu mempertahankan frame rate berkisar 30 fps. Sementara, perpaduan Intel dan NVIDIA hanya menampilkan performa di kisaran belasan fps saja. Pihak AMD pun mengingatkan bahwa demo ini belum menggunakan API Mantle. Seharusnya, dengan Mantle, game tersebut dapat berjalan dengan fps yang lebih baik.

AMD APU13 Kaveri3

Di akhir presentasi pertama, AMD mengumumkan bahwa Kaveri akan datang dengan soket FM2+. Produk awal Kaveri akan tampil pada kuartal ketiga tahun 2013 ini. Sementara, ketersediaannya akan diawali pada tanggal 14 Januari 2014. Hal yang menarik adalah Kaveri akan tersedia di dalam desktop, laptop, dan juga server.

Nah, sejauh mana performa Kaveri dan pengembangan HSA beserta Mantle, akan kami beritakan langsung dari ajang APU13.

Sekadar info, dari pebicaraan seputar ajang APU13 ini, tampaknya AMD tidak hanya akan memperdalam mengenai Kaveri, akan tetapi akan mengumumkan beberapa hardware baru juga. Apakah hardware yang akan diumumkan? Nantikan tanggal mainnya, sebentar lagi ya.

No comments:

Post a Comment