Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Tuesday 5 November 2013

Adreno 400 Akan Hadir Awal 2014 Mendatang

snapdragon

Jika ada pertanyaan mengenai chipset SoC terkencang saat ini pada smartphone Android, mungkin beberapa diantara pengamat teknologi smartphone saat ini akan langsung melirik Snapdragon 800, yang notabene merupakan chipset SoC yang menjadi primadona pilihan para OEM untuk smartphone Android kelas flagship miliknya. SoC Snapdragon 800 ini dilengkapi dengan GPU Adreno 330 yang juga didaulat sebagai GPU mobile terkencang (3.6 Gigapixel) yang ada dipasaran saat ini, dengan kemampuan melakukan recording dan playback konten multimedia dengan resolusi 4K pertama di dunia (smrtphone). Beberapa smartphone yang sudah mengadopsi SoC terkencang dari Qualcomm ini antara lain Sony Xperia Z1/Ultra, LG G2, Google Nexus 5, Galaxy Note 3,  dan beberapa brand lain juga sedang menyiapkannya.

qualcomm

Dengan kesuksesan yang diraih Qualcomm ini tentu saja mereka tidak akan berhenti berinovasi sampai disana saja. Saat ini sudah berkembang kabar mengenai chip selanjutnya dari penerus Snapdragon 800  yang akan dipersenjatai dengan GPU baru, yaitu Adreno 400/420. Chip yang diprediksikan akan diperkenalkan pada awal tahun depan (CES 2014) ini akan menghadirkan peningkatan performa yang sangat signifikan terutama dari sisi GPU dibandingkan generasi saat ini.

Namun dari informasi yang didapat, kabarnya Qualcomm belum akan mengadopsi dukungan OpenCL untuk pemanfaatan GPU (core) seperti yang akan NVIDIA tawarkan dengan chip Tegra 5 (Logan) miliknya yang akan mendukung Open CL 1.1, Open GL 4.4, dan CUDA. Tetapi faktanya saat ini dukungan aplikasi Open CL ini memang masih sangat terbatas, bahkan untuk platform seperti PC pun aplikasi dengan dukungan Open CL ini masih dalam tahap perkembangan, mungkin saja fitur ini akan menjadi populer di masa mendatang. Berita ini baru sebatas rumor, dan Qualcomm sendiri belum memberikan statemen resminya mengenai chip penerus Snapdragon 800 nantinya, mari kita tunggu saja.

No comments:

Post a Comment