Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 22 April 2012

Penjualan Melempem, Nokia Lumia 'Kecewakan' Operator di Eropa


Lumia 800
Untuk kembali meraih posisi teratas di kancah persaingan pasar smartphone, Nokia tampaknya harus berupaya keras untuk menjungkalkan para pesaing utamanya yang tak lain adalah Apple dengan iPhone-nya dan Android.
Namun, alih-alih menggeser para pesaingnya itu, Nokia melalui smartphone terbaru seri Lumia ternyata belum cukup tangguh untuk menantang dominasi iPhone dan Android di pasar Eropa.
Pasalnya, menurut sebuah laporan terbaru yang dilansir Reuters, disebutkan smartphone Nokia Lumia terbaru dinilai belum cukup baik untuk bersaing dengan iPhone dan ponsel Galaxy besutan Samsung. Hal itu, menurut laporan tersebut diungkapkan oleh empat operator utama di Eropa.
"Tidak ada orang yang datang ke toko dan meminta sebuah ponsel Windows," kata salah seorang eksekutif yang bekerja di salah satu operator ketika diwawancara oleh Reuters.
"Nokia telah memberikan kepada diri mereka sendiri tantangan ganda: untuk mengembalikan kredibilitas mereka dalam hal pembuatan hardware smartphone dan sukses dengan sistem operasi Microsoft Windows, yang tertinggal di pasar," tambah eksekutif tadi.
Kurangnya inovasi dan upaya pemasaran yang tidak memadai, menurut sumber dari operator, merupakan alasan utama dari buruknya penjualan ponsel Lumia di Eropa.
Di sisi lain, iPhone 4S dan smartphone Android buatan Samsung tengah mendominasi pasar smartphone di Eropa. Jadi, jika smartphone Lumia ingin mencuri lebih banyak konsumen di Eropa, pihak operator harus meningkatkan subsidi agar pelanggan dapat memiliki insentif lebih besar untuk membeli perangkat.
Pihak operator di Eropa juga berharap adanya uluran tangan dari Nokia dan Microsoft untuk membantunya dengan uang pemasaran. 

No comments:

Post a Comment