Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 27 February 2012

Review: Motorola EX119 aka Brea, Dual Input dan Dual GSM ala Motorola

Bersamaan dengan diumumkannya beberapa  ponsel terbaru di penghujung tahun, salah satu seri yang disebut-sebut adalah Motorola EX119. Ponsel  bermoda touch type dengan kemampuan  dual GSM dan konektivitas di dalamnya. Mencoba menjawab permintaan pasar akan ponsel ciamik di segmen low entry.

Disain Touch Type

Form factor: QWERTY Bar ; Weight: 87gr; Size: 103 (h) x 60 (w) x 9.9 (d) mm
Motorola EX119 memiliki disain dengan dual input text, yakni melalui pengetikan keypad QWERTY dan layar sentuh capacitive. Sebagai penerus dari Motorola EX115, ponsel ini memiliki disain yang lebih ramping dan compact.  Terlebih lagi dengan teknologi dual input teks yang diembannya. Jika sebagian besar ponsel layar sentuh memiliki ruang layar yang lebih besar dibandingkan dengan keypad konvensionalnya, tidak dengan Motorola EX119.
Besaran luas gugusan keypad QWERTY-nya tidak berbeda jauh dengan besaran  luas layar. Tiap tombol QWERTY berukuran 5x9mm -nya tersusun merapat, dengan fontasi besar.  Sebagian besar material casing dan layar terbuat dari plastik solid. Bagian back casing dilapisi bahan doff yang nyaman digenggaman.  Di sekitar ponsel bertebaran port micro USB, port 3,5mm audio jack, tombol volume, tombol daya / keylock. Sedangkan pada bagian belakang terdapat kamera, speaker yang berukuran minimalis, dan logo Motorola.

Layar dan Interface

DISPLAY TYPE: QVGA (320 x 240 pixel) TFT LCD; DISPLAY SIZE: 6.09 cms (2.4 inches)
Anda akan merasa puas saat menggulir-gulirkan halaman demi halaman di ponsel ini. Layar sentuh capacitive-nya merespon dengan baik tiap sentuhan dan ketukan jari. Layarnya menampilkan halaman menu yang unik, dan dapat dipersonalisasikan dengan menarik tray yang terdapat di atas layar. Lalu pilih Setting> Display> Pilih tampilan yang dikehendaki>OK.


Kamera dan Video

Digital zoom ; Focus; Fixed ; Resolusi: 3MP (2048x1536 pixels); Video : @14fps ; MP4/H.264/H.263 player
Mengabadikan momen dengan kamera 3MP di Motorola EX119, terbilang memuaskan. Untuk pengambilan foto indoor, dan outdoor hasilnya tajam dan tidak berbintik. Terdapat berbagai settingan yang disematkan di dalamnya, seperti  continous shot, scene mode, self timer, white balance, effect, time stamp, image quality, anti flicker dan media penyimpanan. Anda pun dapat mengirim hasil foto langsung ke Email, Website, dan MMS melalui Picture Share.

Kreasikan hasil foto dengan Photo Editor untuk variasikan warna, ukuran, cropping foto dan kreasi gambar. Di sector video, kualitas gambarnya tidak putus-putus dan tidak terdapat jeda yang mengganggu antara gerak bibir dengan audio. Kualitas gambar pun tajam.

Pemutar Musik

MP3, MPEG-4, AAC, MIDI, AAC+, FM Radio
Audio playernya mampu memainkan file MP3, MPEG-4, AAC, MIDI, AAC+ dengan kualitas yang  baik. Dari speaker hole-nya yang minimalis, irama lagu berdentum dengan kuat dan bulat. Terlebih jika Anda melakukan settingan audio player yang mencakup Equalizer, Audio play speed, display style, Sound effect dan Bass Enchancement. Tiap settingan yang Anda rubah, akan terasa perbesaannya, meskipun Anda mendengarkan lagu melalui speaker, bukan headset.


Internet

GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots)  / WAP 2.0/xHTML, 32 - 48 kbps; EDGE Class 10, 236.8 kbps

Berselancar ke dunia maya menggunakan Motorola EX119, ditunjang dengan kemudahan membuka beragam halaman web dengan mengandalkan kinerja GPRS /WAP. Anda dapat melakukan multi tab dan menggunakan Opera Mini versi 10.1 untuk kemudahan membuka data dengan lebih terkompresi. Anda terlebih dahulu diminta untuk memilih SIM yang digunakan untuk berselancar, lalu memasukkan URL.

Koneksi

Wi-Fi 802.11 b/g ; Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR; USB microUSB v2.0, HS
Saat diuji coba dengan jalur WiFi untuk  membuka www.tabloidpulsa.co.id  hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk pairing dan loading website. Proses pairing dan transfer data nirkabel melalui Bluetooth ke perangkat lain pun berjalan dengan cepat dan tidak ada kendala.

Fitur Lain

Organizer; Voice memo; Link-link Favorit; Predictive text input; SNS applications; Dual SIM
Banyak link favorit yang disematkan di ponsel ini. Mulai dari My Space, Gmail, YouTube, Google Search, Facebook, MTweet, dan Java. Semua dikemas  berbentuk ikon, dan dengan satu klik, Anda dapat langsung terhubung dengan link yang dibutuhkan.


Kesimpulan
Langkah cerdas kini diambil oleh Motorola dengan Meluncurkan Motorola EX119, sebagai peluang menjaring pasar yang jenuh dengan badai smartphone. Tampil berani, dengan tidak dibekali Operation System, Motorola EX119 optimis dapat mencuri perhatian pasar dari sisi disain, moda touch type, keunggulan dual on, dan koneksi yang tergolong lengkap dengan harga Rp.1 jutaan. (Nariswari)


(+)
- Disain touch type
- Koneksi lengkap
- Kinerja internet stabil dan cepat
- Dual SIM

(-)
- Daya batere hanya 750 mAh
- Belum dilengkapi OS

No comments:

Post a Comment