Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 19 February 2012

Apple: Aplikasi yang Ingin Mengakses Data Pengguna, Haruslah Meminta Izin Terlebih Dahulu


Minggu lalu, ada sebuah berita yang pastinya membuat para pengguna iOS khawatir. Data yang ada di daftar kontak mereka tersimpan di tempat lain, tanpa adanya persetujuan dari si pengguna! Ada beberapa aplikasi berbasis iOS yang ternyata mengambil data penting tersebut. Aplikasi pertama yang ketahuan mengambil data pengguna iOS adalah Path, sebuah aplikasi jejaring sosial. Aplikasi lain yang ternyata juga mengambil data kontak pengguna termasuk Twitter, Yelp, dan Foursquare.
Apple sendiri banyak dikritik karena mengizinkan para developer iOS untuk mengakses informasi daftar kontak pengguna tanpa persetujuan dari penggunanya. Bagaimana dengan reaksi Apple? Seorang juru bicara Apple telah mengeluarkan pernyataannya kepada AllThingsD. Menurut juru bicara tersebut, aplikasi yang mengumpulkan data kontak pengguna tanpa izin melanggar peraturan Apple. Untuk ke depannya, apabila sebuah aplikasi ingin mengambil data kontak pengguna, haruslah meminta izin terlebih dahulu.
Path sendiri sudah meminta maaf kepada para penggunanya setelah kejadian tersebut. Kini mereka telah mengupdate aplikasi tersebut. Aplikasi ini sudah tidak mengambil data pengguna lagi. Bagaimana dengan data kontak yang sudah ada di server path? Saat ini, Path mengaku sudah menghapus semua data pengguna tersebut.

No comments:

Post a Comment