Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Saturday 21 January 2012

Review Smartfren Wide




Selain sebagai operator, Smartfren juga merilis perangkat Androidnya sendiri. Lewat hardware ZTE Blade, smartphoneyang berjalan di jaringan CDMA 800 MHz ini menawarkan koneksi data EVDO Rev. A yang berkecepatan maksimal 3,1 Mbps.
Kelebihan perangkat ini terletak pada layar 3,5 inci-nya yang terbilang besar. Jenisnya yang kapasitif membuat pengoperasian menu atau pengendaliangame bisa dilakukan dengan sangat responsif. Sayang prosesor ARM-11 600 MHz dengan chip grafis Adreno 200 kurang cukupmumpuni menampilkan grafis di resolusi 480x800. Padahal, resolusi setinggi ini laxim dipakai di layar ukuran besar (7 inci ke atas). Akibatnya, untuk menjalankan beberapa aplikasi, utamanya yang membutuhkan tenaga CPU/grafis, tampilan grafis sering terasa kododoran.
Untungnya hal tadi dikompensasi dengan baik oleh Smartfren Wide, di antaranya dengan menyediakan fasilitas lengkap baik di sisi koneksi, input, maupun output perangkat. WiFi misalnya, selain bisa untuk berinternet, juga bisa dipakai sebagai portable hotspot. Ini memungkinkan pengguna berbagi koneksi internet ke perangkat lain lewat jaringan EVDO-nya. Kamera 3,2 megapikselnya juga sudah dilengkapi fasilitas fokus otomatis untuk memastikan baiknya kualitas gambar yang ditangkap. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas radio FM di perangkat ini.
Bagaimana dengan kinerja baterainya? Saat kami mencoba mengisinya penuh lalu melakukan aneka kegiatan nonstop dengan smartphone ini (bermain game, melakukan update status di media sosial seperti Twitter dan Facebook, serta men-download beberapa file dan musik), Smartfren Wide bisa bertahan sampai 5 jam. Hal ini masuk dalam kategori normal mengingat baterai li-ion Smartfren Wide memiliki kapasitas sebesar 1250 mAh.
Yang menarik di perangkat Smartfren ini sebenarnya bukan hanya perangkat kerasnya. Kalau dicermati, paket software di dalam handset berbobot 114 gram ini bukan hanya disesaki oleh aplikasi khas Android dari Google seperti Youtube, Google Search, dan Market, tapi juga dilengkapi dengan 5 aplikasi yang khusus dibuat bagi pengguna Smartfren Wide, Aplikasi ini adalah: MyCash, Smartfren Backup, GueBanget.com, Smartfren Musik, dan game lucu Papaya Pet.
MyCash sebenarnya merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi nasabah Bank Sinarmas. Melalui aplikasi ini, kita bisa melakukan beragam aktivitas internet banking, seperti memeriksa saldo, melakukan transfer dana, sampai melakukan jual beli atau mengirim pulsa ke pengguna lain. Nah Smartfren Backup juga tidak kalah keren. Dengannya, Anda bisa melakukan backupkontak dalam phonebook ke mana pun sehingga data kontak tetap aman saat ponsel hilang.
Sementara para penyuka musik dan video bisa mencoba aplikasi Guebanget.com yang bisa mengunggah atau mengunduh video favorit. Unduh musik favorit juga dimungkinkan lewat aplikasi Smartfren Musik. Terakhir, Papaya Pet, adalah game bertema binatang peliharaan mirip Tamagochi.
****
Harga memang menjadi keunggulan Smartfren Wide untuk ponsel Android berlayar lebar. Apalagi ada bundling paket data ala Smartfren dengan paket akses ke media sosial. Maksudnya, Anda bisa saja menggunakan Facebook atau Twitter tanpa batas waktu meskipun pulsa dalam kartu habis (asalkan masih dalam masa aktif).
Hasil Uji Smartfren Wide
Quadrant Advanced Total
411
Quadrant Advanced CPU
649
Quadrant Advanced 3D
273
GLBenchmark 2.0 Egypt Standard
9,1 fps
GLBenchmark 2.0 Pro Standard
9,5 fps
Linpack Android
7,542 MFLOPS 
 
Spesifikasi
 Smartfren
Prosesor
ARM 11 600 MHz
RAM
256 MB
Kartu Grafis
Qualcomm Adreno 200
Wireless
802.11b/g WLAN, Bluetooth
Android
Android Froyo (2.2)
Lain – Lain
GPS, audio out
Layar
3,5” 480x800 piksel
Bobot
114 gram
Harga Kisaran*
Rp1.650.000
Garansi
1 tahun
Situs Web
*Vistalink, (021) 6385-4354 / 329-6778
 
Aplikasi Built-in
Operator Smartfren menyertakan aplikasi yang terbilang sering digunakan oleh orang banyak seperti transaksi perbankan, sinkronisasi data, hinggadownload musik.


Plus
     
: Kecepatan koneksi EVDO, fasilitas radio FM, Bluetooth A2DP (2.1), fokus otomatis, RUIM.
Minus : Kamera tanpa flash, tidak ada akses cepat kamera (shutter).

Skor Penilaian

- Kinerja               : 3,8
- Fasilitas             : 4
- Penggunaan      : 4,25
- Harga                : 4
- Skor Total         : 3,99

No comments:

Post a Comment