Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 30 January 2012

Review: Samsung Galaxy Note, Tulis, Gambar, dan Kirim


Masih jumawa dalam menghadirkan varian Galaxy, Samsung yang gemar merilis ponsel dan tablet, kini mengkombinasikan keduanya dalam satu perangkat. Ponsel titisan tablet yang bertitel ‘Note’ ini merupakan varian yang mampu menggambarkan nuansa ‘out of the box’ dari gambaran smartphone kebanyakan. Dengan kelebihannya itu, karakter Anda yang gaul, cuek, bahkan perfeksionis akan terlihat. Penasarankan akan kelebihan ponsel semi tablet yang menyasar pada kalangan menengah ke atas ini? berikut  ulasannya…

Desain

Compact, elegan, + stylus, 146.9 x 83 x 9.7 mm,  178 gram
Tak lepas dari pakemnya sebagai ponsel cerdas, Note hadir dalam balutan mewah yang boleh dikatakan cukup pipih disisi ukuran. Dominasi antarmukanya masih berupa panel sentuh ditemani kamera eksternal, dan tombol home. Sedangkan pada bagian belakang, kesederhanaan tampilan kamera utamanya ditemani finishing doff yang cukup kesat. Walaupun lebar, ponsel ini masih dapat digenggam dengan baik. Namun tampaknya tak bijak kalau dimasukkan kedalam saku baju atau celana. Sayang, paket penjualan tak menyediakan pouch guna melindungi beberapa tombol seperti switch (-/+) dan lock/power dari sentuhan tak diinginkan. Terlebih pihak pabrikan menyisipkan stylus yang fungsionalis pada beberapa fitur.
Layar & Menu

Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors 800 x 1280 pixels, 5.3 inches, Gorilla Glass display, TouchWiz UI v4.0, Multi-touch input method, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Touch-sensitive controls, Proximity sensor for auto turn-off, Gyroscope sensor
Memulai sentuhan panelnya dengan jari, itu sih biasa. Yang pada akhirnya Samsung membekali Note dengan penjelajahan layar dengan menggunakan pena stylus yang biasa digunakan pada layar resistif. Anda dapat melakukan catatan dengan karakter khas Anda pribadi yang dapat di share kemanapun. Teknisnya, nanti Anda dapat baca pada ulasan ‘Pen Stylus’. Lain dari itu pada layarnya yang lumayan lapang disematkan fitur khusus, seperti S Memo dan S Planner. Selebihnya menu yang terkait dengan multimedia, office, dan jejaring sosial hadir lengkap. UI yang dianutnya pun telah merambah pada kasta yang lebih tinggi yakni TouchWiz versi 4.0.
Fitur Khusus

S Memo

Fitur ini merupakan gambaran dari kreasi cerdas Anda. Mengkombinasikan karakter dan kreatifitas Anda dalam mengirim pesan dalam bentuk gambar, tulisan tangan, maupun simbolik ikon menjadikannya sebuah keasyikan tersendiri. Terlebih terdapat beragam fitur pendukung baik dari warna, type mata pena, maupun warna latar. Pendeknya, sampaikan pesan Anda disini dalam bentuk apapun yang Anda suka.

Pen Stylus

Letaknya cukup dapat dijangkau, begitupun dimensinya, tak terlalu panjang juga tak terlalu pendek. cocok untuk segala ukuran telapak tangan. Ini adalah perangkat yang mengawali kreasi ‘tak biasa’ Anda yang dapat Anda lakukan pada smartphone. Dengan penambahan pena ini, segala sesuatunya dapat Anda jelaskan seperti apa yang Anda inginkan. Anda dapat mengirimkan gambar, peta, halaman browser, atau apapun yang terpampang di display Anda. Email, jejaring sosial, Bluetooth, bahkan S Memo dapat menjadi target kreasi Anda tadi. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal menekan dan menahan tombol yang terdapat pada pena stylus ketika ujung pena menyentuh display. Maka secara otomatis ponsel Akan meng-capture (merekam gambar display) yang kemudian Anda dapat ‘corat-coret’ sesuka hati. Cukup menarik dan bikin ketagihan.

OS, Prosesor & Memori

Android OS, v2.3 (Gingerbread), Dual-core 1.4GHz ARM Cortex-A9 processor, Mali-400MP GPU, Exynos chipset, memori internal 16GB/32GB storage, 1 GB RAM, memori eksternal microSD up to 32GB

Dengan karakter layar yang dapat dikreasikan sesuka hati, pastinya Anda butuh dukungan prosesor yang mumpuni untuk membagi atau menjalankan kinerja lain. Oleh karenanya prosesor berinti ganda disuntikkan didalamnya. PULSA pun tak merasakan jeda ketika melakukan berbagai hal yang terkait dengan kinerja. Tak hanya itu, pembekalan memori yang cukup leluasa dalam storage internal memungkinkan Anda menyimpan beragam data apapun walau tak menyematkan dukungan memori eksternal. Walaupun pada dasarnya, slot memori eksternalnya sanggup menampung microSD berkapasitas hingga dua kali lipat memori internal. Pada sektor ini Samsung cukup menyediakan apa yang dibutuhkan untuk hal penyimpanan data dan aplikasi.

Kamera & Video

8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, Video 1080p@24~30fps, kamera sekunder 2 MP

Tak heran ponsel ini dibekali kamera berkekuatan maksimal, pastinya selain beragam fitur yang menjadi dukungan ranah gambar, pen stylus pun memberikan pesona tersendiri bagi gambar yang akan Anda kirimkan. Sektor ini pun menjadi sarana yang cukup mengasyikkan untuk mengisi waktu luang Anda. Anda yang hobi melakukan re-touch dengan karakter tertentu dapan mengkombinasikan fitur ini dengan keajaiban pen stylus. Sedangkan diranah video, sokongan karakter HD dirasa lebih dari cukup untuk lebih menceriakan waktu liburan Anda dengan keluarga, pacar, bahkan teman.
hasil foto editorhasil foto editor
indoorindoor
hasil foto with penhasil foto with pen

Foto editor         foto indoor               foto with pen

Audio & Video Player

Multi Format, HD

Bagian ini tampil tak bedanya dengan ponsel-ponsel Samsung kebanyakan. Mampu memutar beragam format Audio dan video cukup bisa menjadi hiburan lain ketika telinga Anda membutuhkan lantunan lagu, atau mata Anda membutuhkan video yang menghibur. Pendeknya bagian ini tampil cukup baik, terlebih video playernya hadir dengan karakter HD pula.

Internet

HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, LTE, multi-tab, multi-touch, Maps, Sosial network,

Berbasis 3,5 G, pastinya Anda tak akan mengalami kendala dalam mengarungi halaman browser. Beragam fitur pendukung penjadi ranah ini kian menjanjikan untuk dijadikan andalan Anda dalam kebutuhan sebuah koneksi internet. Bagian ini juga dapat Anda jadikan kreasi dengan melibatkan pen stylus sebagai ekspresornya. Dan, bagian ini telah siap ketika beberapa operator kedepannya menggunakan jaringan 4G alias LTE (long term evolution). So, kurang apalagi?

Koneksi

NFC connect, wifi, wifi hotspot, TV-out (via MHL A/V link), Bluetooth, micro USB, jack Audio 3,5 mm, USB OTG (on the go)

Berhubungan dengan perangkat lain akan menjadi semakin sebuah keseriusan pada kelengkapannya. Telebih dengan kehadiran koneksi TV output, OTG (on the go), dan NFC semakin memperkaya bagian ini. kecerdasan ponsel ini bahkan sampai mampu menghilangkan noise pada mic ponsel. Meski begitu, earphone bawaan ponsel masih belum bisa beradaptasi dengan perangkat lain dengan hilangnya fungsi stereo.

Kesimpulan

Dengan banderol 7 jutaan, memang cukup sayang kalau Anda memboyong perangkat berbasis Gingerbread. Namun sekali lagi, ada hal lain yang ditawarkan note yang tak dimiliki ponsel maupun tablet lain (kecuali HTC Flyer), yakni penunjukkan kreatifitas Anda dalam semua lini. Sisi ini cukup bisa menjadi nilai jual yang pastinya akan cukup diperhitungkan oleh pabrikan lain, dan pastinya kedepannya akan didevelop sendiri oleh Samsung.  (Mustafa Iman)

(+)
•    Layar lebar
•    Koneksi lengkap
•    Pen stylus
•    Baterai handal
(-)
•    Body plastik
•    Tanpa bonus pounch
•    Tanpa kabel OTG
SPESIFIKASI DETAIL

No comments:

Post a Comment