Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 20 January 2012

Review HP LaserJet CP1025 color



Kualitas cetaknya baik dengan lapisan lilin yang membuatnya tahan lama. 
Dahulu para pebisnis kelas menengah ke bawah atau pengguna rumahan selalu diberi pilihan berupa printer inkjet untuk mencetak dokumen warna. Hal ini disebabkan oleh biaya operasional printerinkjet yang lebih ringan dibanding printer laser. Namun sekarang tidak lagi. Makin berkembangnya teknologi serta makin terjangkaunya harga printer laser membuat nama-nama besar printer mulai menghadirkan printer laser warna bagi segmen tersebut.
Salah satunya HP yang menghadirkan printer laser kecil nan terjangkau yaitu LaserJet CP1025 color. Seri ini hadir untuk memenuhi kebutuhan sederhana. Ini tercermin dari tidak disediakannya koneksi ethernet untuk akses ke jaringan. Desainnya pun kecil dan sederhana sehingga tidak banyak memakan tempat. Printer ini mengandalkan teknologi Instan-On dan Auto On/Off guna mendapatkan respon yang cepat. Jadi Anda bisa langsung mencetak meski printer dalam keadaan idle.
Selama pengujian, CP1025 memiliki hasil cetak yang bagus. Dokumen berbasis teks mampu ditampilkan dengan solid dan tajam. Font berukuran kecil mampu dicetak dengan rapi dan teratur. Sementara untuk pencetakan dokumen berbasis grafis serta gambar, hasilnya tidak mengecewakan, meski warna-warna yang ditampilkan memang sedikit agak gelap dibanding aslinya. Di satu sisi hal ini akan mempertajam hasil cetak saat mencetak dokumen berbasis teks, grafis, serta gambar. Namun jika Anda ingin mencetak gambar layaknya foto, diperlukan sedikit penyuntingan untuk mendapatkan hasil terbaik.
Yang kami sukai lagi adalah hasil cetak printer ini dilengkapi lapisan semacam lilin yang membuat hasil cetaknya tahan lama dan terlihat lebih hidup, utamanya saat mencetak dokumen gambar. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencetak foto meski hanya menggunakan kertas biasa jenis plain.
Sedikit kekurangan muncul saat mencetak beberapa lembar kertas. Pada kertas kesekian, Anda akan mendapati printer ini memiliki jeda sehingga waktu mencetak beberapa kertas akan berbeda-beda. Hal ini agak mengganggu jika Anda hendak mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak (dengan waktu cetak yang menjadi agak lama). Hal ini tidak mengherankan karena printer berjenis four-pass memang memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan jenis singlepass.
(Theo Luckita—Kontributor)
****
HP LaserJet CP1025 merupakan printer yang bagus untuk memenuhi kebutuhan cetak warna maupun putih untuk segala jenis dokumen. Tampilannya yang kecil dan sederhana cocok untuk ditempatkan pada meja kerja sekali pun. Kekurangan dari sisi waktu cetak bisa ditutupi dengan hasil cetak berkualitas unggul.

Tabel Uji
Kecepatan cetak
5 lembar
FPOT (1 lembar)
Teks mono (rtf)
30 detik
14 detik
Teks warna (rtf)
1 menit 24 detik
33 detik
Teks+grafis (pdf)
1 menit 31 detik
35 detik
Gambar A4
3 menit 30 detik
46 detik

Spesifikasi HP Laserjet CP1025 Color
Metode cetak
Laser warna
Resolusi
600x600 dpi
Prosesor
Custom RISC 400 MHz
Memori (standar/ maksimal)
4 MB Flash/64 MB DRAM
Interface
USB 2.0
Network Support
Tidak ada
Printer language
Host-based
Sistem operasi
Windows, MacOS, Linux
Paper input /output
150/50 lembar
Jenis kertas
Papertransparancieslabelsenvelopes,cardstock, ukuran kertas maks : A4
Dimensi (plt)
39,9 x 40,2 x 25,1 cm
Berat
12,1 kg
Konsumsi listrik (active/sleep/standby)
295/3,1/8 watt
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp2.500.000
*HP Seeding Center, (021) 350-6154; Minggu pertama Juni 2011


Sensor toner 

Jika terjadi kesalahan instalasi berupa penempatan posisi warna yang keliru, printer akan memberi peringatan dan proses cetak tidak bisa dilakukan.




Bukan indikator 
Tiap toner diberi tanda berupa icon dari setiap warna. Sayangnya Anda tidak bisa mengetahui kapasitas toner dari sini.





Manual duplex 

Fasilitas duplex hanya bisa dilakukan secara manual sehingga Anda akan direpotkan dengan aktivitas memasukkan kembali keluaran kertas dari lembar sebelumnya.




Plus     : Hasil cetak tajam dan presisi; teknologi Instant-On dan Auto-Off; harga terjangkau.
Minus : Jeda saat mencetak beberapa lembar; feature sederhana.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 4
- Fasilitas          : 3,5
- Kemudahan    : 4
- Harga              : 4,5
- Skor Total       : 3,95

No comments:

Post a Comment