Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 29 January 2012

Review Epson L800



Epson L800 mampu mencetak foto secara lebih banyak dan mampu mencetak di atas keping CD/DVD yang sudah ditempeli kertas label.
Mencetak gambar sekualitas foto memang bukan merupakan hal baru bagi printerinkjet. Namun salah satu masalah yang sering dihadapi adalah keterbatasan kapasitas tinta yang biasa ditempatkan pada cartridge.
Dengan kapasitas yang tidak besar, tinta akan tersedot habis jika digunakan untuk mencetak gambar kualitas foto. Apalagi jika Anda menggunakan mode best photo yang akan “menguras” tinta sehingga lebih boros.
Nah meneruskan teknologi yang dihadirkan sebelumnya, Epson L800 menawarkan solusi untuk Anda jika ingin mencetak foto dalam jumlah besar. Teknologi yang diadopsinya sama dengan seri L100 dan L200 yang telah hadir sebelumnya, yaitu menggunakan metode tinta infus yang menggunakan kapasitas tangki berukuran besar.
L800 menggunakan 6 tinta warna yang terdiri dari cyan, yellow, magenta, black serta light cyan dan light magenta. Dengan tinta warna yang lebih banyak, L800 mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam. Dengan ukuran 70 ml perbotol, produk ini diklaim mampu mencetak hingga 1800 lembar foto berukuran 4R.
Saat kami coba, terlihat bahwa hal tersebut bisa dibuktikan. Kami mencoba mencetak foto hingga berlembar-lembar dan tidak terlihat penurunan indikator tinta yang siginifikan. Kami coba mencetak foto dengan resolusi best pada kertas berukuran A4.
Ditilik dari sisi kecepatan cetak, kami mendapati bahwa L800 sedikit lebih gegas dibanding “saudaranya” L100 dan L200. Meskipun Anda masih akan menjumpai suara hentakan saat proses cetak dimulai, volumenya sudah agak berkurang dibandingkan sebelumnya.
Yang perlu diperhatikan adalah saat mencetak dokumen berbasis gambar dan warna (dokumen PDF), masih munculnya sedikit tinta yang agak tercecer. Hal ini bisa terjadi saat Anda melakukan pencetakan dengan pilihan modus standar. Untuk mengatasinya, silakan aktifkan modus Photo. Memang akan tampak agak aneh jika mencetak dokumen berbasis teks dan gambar menggunakan modus Photo.
Ada satu lagi feature menarik yang ditawarkannya, yaitu bisa mencetak langsung pada keping CD/DVD. Anda mesti menempelkan dulu label polos ke atas permukaan keping CD/DVD. Kemudian letakkan keping tadi ke tray khusus. Anda tinggal melakukan perintah cetak melalui aplikasi Epson Print CD. Printer lalu akan langsung mencetak di atas permukaan yang sudah ditempel label tadi. Hasil cetaknya terlihat akurat dan rapi.
****
Epson L800 mampu menghasilkan gambar yang tajam, cerah, serta gradasi yang halus. Dengan dukungan metode sistem infus serta tangki berukuran besar, Anda bisa mencetak foto dengan biaya operasional yang lebih irit.

Tabel Uji

File 5 lembar
1 lembar (FPOT)
Mono (RTF)
1 mnt 21 dtk
20 dtk
Warna (RTF)
1 mnt 14 dtk
19 dtk
Teks+Grafis (PDF)
1 mnt 29 dtk
23 dtk
Gambar A4 (JPG)
10 mnt 5 dtk
2 mnt 18 dtk
Foto postcard 4x6 (best photo)
-
2 mnt 2 dtk
Foto A4 (best photo)
-
5 mnt 13 dtk

Spesifikasi Epson L800
Metode cetak
Inkjet Warna
Jumlah tinta
6 tangki (black, cyan, magenta, yellow, light cyan, light magenta)
Resolusi maksimal
5760x1440 dpi
Memori
Tidak ada
Interface
USB 2.0
Dukungan jaringan
Tidak ada
Sistem operasi
Windows 2000/XP/Vista/7
Kapasitas kertas (input/output)
120/50 lembar
Jenis kertas
Plain/glossy/premium/matte
Ukuran kertas maks
A4
Dimensi (plt)
53,7x28,9x18,8 cm
Berat
6,2 kg
Konsumsi listrik (off/sleep/ready/active)
0,3/1,2/3,3/13 watt
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp2.400.000
Harga per-botol tinta*
Rp100.000
*Epson Indonesia, (021) 572-3161; Minggu kedua Oktober 2011 


Kenob pengunci 
Untuk menghindari tumpah atau tercecernya cairan tinta, disertakan kenob pengunci. Fasilitas ini berguna untuk mengamakan tinta saat printer akan dibawa bepergian. 


Tray CD/DVD 
Untuk mencetak pada permukaan CD/DVD, disediakan tray khusus yang bisa dipasang/lepas sesuai dengan posisi yang telah ditentukan.  




Epson Print CD 
Aplikasi Epson Print CD mampu menghasilkan cetak pada label dengan posisi yang akurat dan rapi. Karena itu Anda tidak perlu lagi menebak posisinya agar pas.




Plus     : Kualitas cetak foto prima, ada sistem tinta infus, kapasitas tangki tinta besar dan ekonomis, cetak langsung permukaan CD/DVD.
Minus : Desain kurang elegan, terdapat sedikit tinta tercecer saat mencetak dokumen berbasis teks dan gambar pada modus standar.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 4,25
- Fasilitas          : 3,75
- Kemudahan    : 4,25
- Harga              : 4
- Skor total        : 4,05

No comments:

Post a Comment