Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 29 January 2012

Review BlackBerry Bold 9900



Dengan spesifikasi teknis nan canggih dan sistem operasi terbaru, ponsel yang menggabungkan keyboard QWERTY dan layar sentuh ini dimaksudkan sebagai produk terbaik yang pernah dirilis RIM.  
Himpitan iOS dan Android memaksa RIM memutar otak lebih keras. Data Gartner menunjukkan, gabungan kedua platform itu menguasai 61,6% pasar ponsel cerdas pada Q2 2011. Sedangkan RIM hanya 11,7%. Sepertinya, peranti layar sentuh (dan kaya aplikasi) sedang naik daun.
Di tahun lalu, RIM mencoba mengadopsinya dalam BlackBerry Torch, ponsel berlayar sentuh tapi tanpa menghilangkan keyboard QWERTY yang selama ini menjadi andalannya. Namun, pengoperasiannya masih agak ribet karena pengguna mesti menggeser jika ingin mengetik dengan keyboard.
Kini, RIM melangkah lebih jauh. Kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY dihadirkan dalam wujud ponsel candybar, BlackBerry Bold 9900 (dikenal juga dengan nama Dakota).
Dengan dimensi 115 x 66 x 10,5 mm, Bold 9900 merupakan BlackBerry tertipis yang ada di pasaran saat ini. Lis metal yang membingkai keempat sisinya juga menambahkan kesan elegan. Bukan cuma itu, ponsel ini pun dibekali spesifikasi tinggi, mulai dari display sampai ke dapur pacu.
Saat pertama menyalakan Bold 9900, kami terkesima dengan tampilan layar 2,8 incinya yang sangat jernih. Warna-warna yang dihasilkan terlihat tajam berkat teknologi Liquid Graphics. Responsivitas layar multitouch-nya pun tinggi. Gerakan menggeser menu dan mencubit untuk melakukan zoom berjalan mulus. Tapi, kami masih menemui kesulitan dalam mengeblok (menentukan batas awal dan akhir) teks saat ingin melakukan copy-paste.
Dalam pemakaian sehari-hari, kami memang lebih sering menggunakan trackpad dankeyboard QWERTY. Apalagi, tuts-tutsnya nyaman digunakan. Namun, harus diakui, keberadaan layar sentuh sangat bermanfaat, khususnya ketika kita ingin secara cepat memilih posisi menu atau ikon yang ada di atas pada saat kursor masih ada di bawah.
Berpindah ke dapur pacu. Prosesor 1,2 GHz membuat ponsel ini lebih andal untuk menjalankan aneka aktivitas multitasking. Memang, sih, ikon putaran jarum jam yang menandai proses loading sesekali masih muncul. Tapi, secara keseluruhan, menjalankan banyak aplikasi sekaligus tidaklah masalah. Memori internal 8 GB juga membuat kami merasa tidak perlu cepat-cepat menambah kartu memori.
Sayang, kinerja tinggi Bold 9900 tidak diimbangi dengan daya tahan baterai yang memadai. Untuk melakukan aktivitas standar, ponsel ini rata-rata hanya awet dipakai 6 – 7 jam. Bahkan, saat ditinggal tidur dalam keadaan fully charged, esok paginya daya baterai tinggal tersisa setengah.
****
Tidak berlebihan kalau RIM menganggap BlackBerry Bold 9900 layak menempati kasta tertinggi di antara semua produk yang pernah mereka rilis. Secara keseluruhan, kinerja ponsel ini memang patut dipuji kecuali dari segi daya tahan baterai.

Spesifikasi BlackBerry Bold 9900
Prosesor
QC 8655 1,2 GHz single-core
RAM
768 MB
Memori Internal
8 GB
Wireless
HSDPA, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1
Kamera
5 MP + video HD, Flash
Lain-lain
A-GPS, BlackBerry Maps, Java MIDP 2.1, Near-Field Communication (NFC), Digital Compass, Documents To Go Premium, BlackBerry Protect, BBM 6
Sistem Operasi
BlackBerry OS 7
Baterai
Li-Ion 1230 mAh
Layar
2,8 inci TFT Capacitive Multitouch, 640 x 480 pixel, 16M colors
Dimensi
115 x 66 x 10,5 mm
Bobot
130 gram
Garansi
2 tahun
Situs Web
Harga*
Rp5.999.000 (sudah termasuk leather case)
* Teletama Artha Mandiri (TAM), 021-6304973 

OS Mutakhir 
Bold 9900 telah membenamkan BlackBerry OS 7 dengan beberapa kelebihan, seperti browser WebKit yang diperbaharui, BBM 6, Documents to Go, dan BlackBerry Protect terintegrasi. Tapi, beberapa aplikasi populer seperti Opera Mini dan QuickPull sepertinya belum kompatibel sepenuhnya dengan OS versi 7 ini. 


Kamera Istimewa Ketajaman foto dan video HD dari kamera Bold 9900 mampu ditandingkan dengan jepretan kamera saku, meski warna yang dihasilkan relatif kurang cerah. Kamera ini pun dilengkapi lampu flash serta opsi setelan: Auto, Face Detection, Portrait, Sports, Landscape, Party, Snow, Beach, Night, dan Text. 


Tak Tahan Lama Grafik Battery Watch menunjukkan dengan jelas daya tahan Bold 9900. Perhatikan penurunan dari angka 100 ke 14 hanya dalam waktu 6 jam. Padahal, kami hanya melakukan aktivitas standar seperti chattingbrowsing, main games, dan memotret foto.




Plus     Candybar dengan kombinasi layar sentuh dan keyboard QWERTY; layar sentuh responsif dan tampilannya tajam; kualitas kamera oke
Minus : Boros baterai; harga lebih tinggi dibanding kompetitor sekelas

Skor Penilaian 
- Kinerja             : 4,25
- Fasilitas           : 4,25
- Penggunaan    : 4,5
- Harga              : 3
- Skor total        : 4,05

No comments:

Post a Comment