Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Friday 16 December 2011

Review Dell Streak 5




Meski kinerja produk ini terbilang biasa, keunggulan desain dan feature membuatnya terlihat prima.
Boleh jadi maraknya produk tablet mengusik produsen besar seperti Dell untuk menghadirkan gadget serupa. Harapannya, sambutan konsumen sehangat produk notebook-nya. Namun Dell mencoba berhati-hati dengan terlebih dulu menghadirkan produk ponselnya. Jadilah Dell Streak 5 muncul dengan ukuran 15,3x7,9 cm berlayar 5” yang mirip dengan konsol PSP.
Dibandingkan rangkaian komputer tablet berukuran 7”, Streak dengan tebal 1 cm dan bobot 220 gram ini justru dirasakan sebagai smartphone berlayar lebar. Kita bisa dengan nyaman menaruhnya di saku baju atau celana. Dibandingkan komputer tablet 7”, jelas ukuran Streak 5 jauh lebih nyaman. Mungkin tepat juga bila Streak 5 disebut sebagai komputer tablet mini atau smartphone berlayar besar. Selain itu, jangan takut layar menjadi cacat akibat tergores. Pasalnya, Dell telah memakaikan zirah Gorilla Glass. Ini membuat layarnya tahan terhadap benturan keras maupun benda tajam. Inilah satu poin yang kami suka di Streak 5.
Jika saat pertama hadir Streak 5 masih menggunakan Android 1.6 (Donut), untuk yang hadir tahun ini sudah mengusung Android 2.2 (Froyo) dengan antarmuka yang lebih intuitif. Tipe yang kami coba ini memiliki memori internal 2 GB dengan kapasitas siap pakai sebesar 1,6 GB. Guna menjalankan sistemnya, Streak 5 dibekali CPU Qualcomm Snapdragon QSD8250 berkecepatan 1 GHz yang dipadu dengan RAM 512 MB. Memang spesifikasi ini bukanlah yang terbaik saat ini. Ini karena Dell lebih memfokuskan Streak 5 pada kenyamanan portabel.
Cukup nyaman juga melakukan navigasi di layar kapasitif Streak 5 meskipun tombol utama (home, properties, dan back) sering tertekan tanpa sengaja. Ini karena posisinya yang terbilang rapat di sisi gadget. Kemampuan keyboard virtual dengan feature swype membolehkan Anda mengetik kata dengan hanya menggeserkan jari pada keyboard. Dengan demikian, Anda tak perlu menekan setiap huruf.
Feature GPS-nya disandingkan dengan aplikasi CoPilot Live untuk memandu arah perjalanan. Aplikasi ini akan memberi informasi dengan memanfaatkan koneksi data operator via koneksi GPRS/3G yang dikombinasikan dengan sistem GPS sehingga tingkat akurasi posisi dan lokasi lebih akurat. Sayangnya, CoPilot Live belum menyediakan peta untuk wilayah Indonesia.  
Sangat menarik memanfaatkan Streak 5 sebagai ponsel berkat dimensinya yang pas untuk digenggam tangan sekaligus fungsinya sebagai produk tablet mini yang praktis dibawa pergi. Sayangnya masih terdapat beberapa kelemahan seperti tidak disediakannya konektor lain (selain port khusus untuk charger baterai).
(Deny Prasetyo)
****
Kemampuan merekam videonya juga hanya di resolusi 352x288. Ini ditambah lagi dengan kemampuan playernya yang terbatas, tidak mendukung format DivX, Ogg, dan Flac. Bagaimana pun, Streak 5 menawarkan kombinasi ponsel dan tablet yang unik.

Hasil Pengujian

HTC Flyer
Dell Streak 5
Smartbench 2011 – Productivity
1522
1227
Smartbench 2011 – Games
2371
871
Linpack for Android
55,964 MFLOPS
35,643 MFLOPS
NenaMark2
11,9 fps
6,9 fps
*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi Dell Sreak 5
Prosesor
Qualcomm Snapdragon QSD8250 1GHz
RAM
512 MB
Kartu grafis
Adreno 200
Internal storage
2 GB NAND Flash
Wireless
WiFi (802.11 b/g/n), Bluetooth 2.1 + EDR, GPS, 3G/HSDPA-HSUPA
Koneksi lain
Proprietary Port
Kamera
5 MP
Layar
5” / 800x480 pixel (WVGA) Capacitive touchscreen
Bobot
220 gram
Dimensi
15,3x7,9x1 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp3.900.000 (+ 32 GB microSD)
* StudioHP, (021) 6386-8000;  Minggu pertama Agustus 2011

Periksa status Untuk mengetahui sebagian informasi cepat dari Streak 5, masukkan karakter *#*#4636#*#* setelah menekan tombol dial/telepon. 







Bukaan punggung Seperti juga ponsel, punggung Streak 5 bisa dibuka untuk melepas baterai dan memasang kartu SIM serta microSD. Power pada gadget akan langsung mati bila cover penutup punggung dilepas. 






Stage Widgets Agar kontrol bisa lebih praktis melalui home screen (halaman depan), Dell menyiapkan interface “Stage Widgets” (dengan konfigurasi tertentu) agar aplikasi terpilih tampil lebih menarik di homescreen.


 


Plus     : Desain menarik; penjelajahan menu nyaman; layar kapasitif/multitouch; Stage Widgets menarik; sistem panduan via GPS.
Minus : Grip licin; kinerja 3D kurang; komposisi panel utama kurang menarik.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 4
- Kemudahan   : 3,75
- Harga             : 4
- Skor Total      : 3,88

No comments:

Post a Comment