Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Monday 10 January 2011

Gadget Paling Ramah Lingkungan

Seberapa hebat suatu gadget tak hanya diukur dari tingkat kecanggihannya. Namun juga dari sisi seberapa besar perangkat tersebut berkontribusi terhadap lingkungan. Greenpeace pun memiliki juara untuk gadget yang paling 'hijau' ini.

Untuk tahun ini, organisasi lingkungan hidup tersebut sengaja mengumumkan gelar gadget paling 'hijau' di tengah-tengah gemerlap pesta gadget dunia, Consumers Electronics Show (CES) 2011 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.


Ada 18 perusahaan TI yang menjadi responden Greenpeace. Mereka antara lain Dell, Fujitsu, HCL, Lenovo, LG Electronics, Motorola, Nokia, Panasonic, Research In Motion, Toshiba dan Wipro.

Para perusahaan TI kelas dunia tersebut dinilai melalui empat kriteria, yakni seberapa besar penggunaan bahan kimia berbahaya di produk mereka, terkait konsumsi listrik, cara daur ulang produk, serta strategi marketing dan inovasi apa yang telah mereka jalankan guna mengkampanyekan program ramah lingkungan.

"Dari survei yang kami lakukan, terlihat bahwa para perusahaan ini telah menunjukkan progres yang bagus dalam beberapa tahun terakhir terkait penggunaan bahan berbahaya, efisiensi energi, dan program daur ulang," ujar Renee Blanchard, perwakilan dari Greenpeace International

"Perusahaan besar telah menunjukkan tanggung jawabnya untuk memberikan gadget yang ramah lingkungan kepada user, dan kami berharap mereka melanjutkan inovasinya dan menerapkan hal itu terhadap seluruh produknya, tidak hanya sebagian," pungkasnya, dikutip detikINET dari AFP, Jumat (7/1/2011).

Lalu siapa saja para jawara gadget paling 'hijau' ini? Berikut adalah daftarnya di setiap kategori:

* Monitor komputer: Asus VW-247H-HF
* Notebook: Asus UL30A
* Netbook: Acer TM8172
* PC Desktop: HP Compaq 6005 Pro
* Televisi: Sharp LC-52SE1
* Smartphone: Sony Ericcson Aspen
* Ponsel: Samsung GT-S75550

No comments:

Post a Comment