Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday 9 January 2011

Fit Sepanjang Hari dengan Vitamin C


Manfaat Vitamin C bagi kesehatan tubuh banyak sekalu Vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga kolagen, sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan lain ditubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyebabkan luka, patah tulang, memar, pendarahan kecil dan luka ringan.

Vitamin C sendiri termasuk golongan antioksidan karena sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya dan logam. Oleh karena itu penggunaan Vitamin C sebagai antioksidan semakin sering dijumpai. Vitamin C terbukti memilih korelasi dengan daya tahan tubuh seseorang.

Penelitian membuktikan bahwa Vitamin C kalau dikonsumsi dengan dosis tertentu, maka akan merangsang terjadinya peningkatan sel-sel limfosit atau sel darah putih, dimana sel-sel limfosit ini bertanggung jawab dalam terbentuknya antibodi.

Kalau jumlah sel limfosit meningkat, berarti proses pembentukan antibodi pun akan meningkat, maka daya tahan tubuh pun akan meningkat.

Berapa sih kebutuhan minimal perhari per orang terhadap Vitamin C? Sebenarnya kebutuhan Vitamin C minimal per hari adalah 60 mg aktivitas metabolisme sel. Tapi untuk kebutuhan Vitamin C yang memberikan efek antioksidan dan efek meningkatkan daya tahan tubuh yang optimal dibutuhkan minimal 500 mg per hari untuk orang dewasa.

Batasan maksimal asupan Vitamin C, mengacu kepada beberapa hal adalah sampai 2000 mg per hari, dengan catatan orang tersebut tidak ada masalah dengan iritasi lambung.

Tetapi asupan yang paling aman adalah 500 mg hingga 1000 mg, dosis seperti ini sudah diteliti jarang menimbulkan iritasi lambung.

Sumber Vitamin C sendiri adalah bukan hanya jeruk selain jeruk ada juga apel,pepaya, stroberi,sirsak,pisang,dan juga nenas. Dalam sayur-sayuran juga vitamin C ada pada tomat, asparagus, kol dan kentang, Vitamin C sangat perlu sekali dikarenakan tingkat polusi sangat tinggi sehingga diperlukan stamina yang tinggi.

Sedangkan pada anak-anak vitamin C juga diperlukan untuk pertumbuhan tumbuh kembang karena pada anak-anak sering aktif sehingga diperlukan tubuh yang kuat dan fit, sehingga perlu sekali Vitamin C.

Daya tahan tubuh pada anak-anak memerlukan Vitamin C dan dosis yang aman pada anak-anak adalah 80 sampai 100 mg per hari.

Jadi perlu sekali kita mengkonsumsi Vitamin C. Apalagi memasuki tahun 2011, agar tubuh kita tetap fit dan kuat menghadapi tantangan yang ada.

No comments:

Post a Comment