Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Thursday 4 November 2010

Ngurah Rai Akan Tambah Terminal

Kuta- Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar, Bali menderita kepadatan jumlah penumpang karena itu AP I akan berniat menambah dan memperluas terminal yang ada sekarang. Sebagai contoh kapasitas terminal domestiknya yang hanya mampu menampung 1,5 juta orang per tahun harus dijejali 4,6 juta penumpang per tahunnya.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Tommy Soetomo, pihaknya akan menambah terminal Ngurah Rai Bali dari posisi sekarang 13.000 meter persegi untuk terminal domestik dan 68.000 meter persegi untuk terminal internasional menjadi 126.000 meter persegi dalam 2,5 tahun ke depan.

Rencananya, terminal penumpang internasional akan digunakan untuk terminal domestik. Adapun, kawasan parkir kendaraan dan sebagian parkir pesawat terbang yang saat ini ada, akan diubah sepenuhnya untuk terminal penumpang internasional baru. Desain terminalnya akan menggunakan bentuk piramida yang meniru bentuk sistem pengairan khas Bali, yakni Subak.

Harapannya penambahan terminal penumpang ini akan menambah daya tampung penumpang internasional dari posisi sekarang sebanyak 5 juta per tahun menjadi 12 juta hingga 13 juta penumpang per tahun.

Untuk membangun terminal tambahan itu diperlukan investasi sekitar Rp 2 triliun. Angkasa Pura I merencanakan akan menggunakan modal sendiri sekitar 50 persen dari total kebutuhan investasi itu, dan selebihnya akan mencari pembiayaan dari bank. Tapi tentu pembangunan proyek terminal baru ini tetap harus menunggu ijin dari pemerintah sebagai pemegang saham Bandara Ngurah Rai.
(SS)

No comments:

Post a Comment