Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Thursday 6 May 2010

Pesona Alam Jayapura

(Berita Daerah - Papua) - Jayapura merupakan ibukota yang sudah tidak asing lagi kita ketahui, pada masa penjajahan Belanda dahulu, kota ini di sebut dengan Hollandia. Dahulu Jayapura adalah ibukota dari Porpinsi Irian Jaya, namun setelah melalui proses pemekaran daerah, sekarang Jayapura adalah Ibukota Propinsi Papua.


Perjalanan melalui udara dapat kita tempuh, dari Jakarta dengan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan. Memang ini adalah waktu yang sangat panjang untuk sebuah perjalanan wisata. Namum percayalah, kesan yang akan anda dapat dari perjalanan wisata di Jayapura sungguh tiada duanya.

Jayapura mempunyai topografi yang unik. Di antara celah pengunungan yang menghadap ke arah Teluk Yos Sudarso dan Teluk Yotefa, Jayapura seakan mempunyai bentuk tapal kuda dengan kedua sisinya yang berada di ketinggian. Di dataran yang tinggi itu, kita tak hanya di suguhi bagian kota yang berada di tepi pantai, tapi juga hamparan Samudra Pasifik yang berair biru dan tenang.


Jayapura adalah sebuah kota pantai dan pelabuhan yang terletak tepat di teluk Jayapura. Di belakangnya, terhampar jajaran pegunungan dan perbukitan nan tinggi menjulang. Jika kita berada di tepi laut dan melihat kota ini, seolah-olah kota ini terletak di kaki langit. Kota Jayapura berada tepat di lereng-lereng pegunungan tersebut. Pemukiman warga yang menjalar dari pegunungan sampai ke pesisir pantai membentuk satu fenomena tersendiri.

Jika kita melepaskan pandangan dari perbukitan, maka sejauh mata memandang, kita akan disajikan indahnya hamparan permadani biru nan luas yang terhempas tak berujung, jauh lagi jika kita menerawang menembus garis HORIZON, kita akan melihat seolah-olah permadani biru nan cantik ini menyatu dengan langit.. Oww.. Sungguh tenang di jiwa... Sungguh damai di hati... Sungguh besar Keagungan Tuhan.

Tidak ada salah jika kita jalan - jalan atau kembali ke Jayapura, karena di sana kita dapat terpesona melihat keindahan alamnya....




No comments:

Post a Comment