Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Sunday, 20 October 2013

Marissa Belum Bisa Bawa Pertumbuhan Pendapatan Yahoo!

Yahoo Inc Chief Executive Mayer attends the annual meeting of the World Economic Forum (WEF) in Davos
Marissa Mayer, CEO Yahoo!

Sudah lebih dari setahun sejak Marissa Mayer menjabat sebagai CEO Yahoo. Namun, kapasitasnya sebagai pemimpin di salah satu perusahaan Internet terbesar di dunia itu, masih belum bisa memberikan pertumbuhan pendapatan yang cukup baik bagi Yahoo.

Beberapa hari yang lalu, Yahoo melaporkan penurunan laba kuartal ketiga tahun ini sebesar 13 persen. Laba tersebut tidak termasuk penghasilan yang mereka dapatkan dari keuntungan saham Yahoo di perusahaan e-commerce terbesar di Cina, Alibaba Holding Group. Begitupun juga dengan pendapatannya yang menurun 1 persen.

Pihaknya juga telah menurunkan target keseluruhan penerimaan selama 2013 ini. Tiga bulan lalu, Ia sempat memberikan pencerahan kepada investor. Pihaknya akan memperoleh pendapatan mencapai US$ 4,55 miliar pada tahun ini. Namun kini, proyeksi pendapatan tersebut diturunkan menjadi US$ 4,45 miliar.
Selain itu, pendapatan iklan display-nya yang menyumbang 40 persen keseluruhan penghasilan Yahoo juga ikut merosot 6,7 persen menjadi US$ 421 juta. Lalu diikuti penurunan pendapatan iklan dari mesin pencari sebesar 10 persen menjadi US$ 426 juta. Penurunan tersebut tak lepas dari upaya promosi Yahoo yang berani menawarkan iklan lebih murah hingga gratis. Faktor lainnya juga ialah pangsa pasar iklan mereka kini telah dicuri Google dan Facebook. Google sendiri malah berhasil menaikan pendapatan iklannya hingga 20 persen.

Mayer menegaskan, seperti dilansir Wall Street Journal, hasil kinerja kuartal ketiga ini merupakan dampak dari fokus Yahoo yang lebih diarahkan ke perekrutan pegawai, pembaruan produk, dan upaya menarik penguna baru. “Ini akan memakan waktu lama untuk meningkatkan pendapatan kami,” kata Mayer.
Kinerja mayer sendiri telah menjadi pusat perhatian sejak Ia memutuskan keluar dari jajaran eksekutif Google dan memilih bergabung dengan Yahoo pada Juli tahun lalu. Sejak saat itu, Ia lebih fokus meningkatkan pertumbuhan perusahaan di platform mobile dan banyak melakukan akuisisi startup guna memperkuat berbagai layanan Yahoo.

Kendati demikian, Yahoo terbilang cukup berhasil dalam menaikan jumlah penggunanya. Pihaknya mengklaim, berbagai website Yahoo telah dikunjungi lebih dari 800 juta pengguna per bulannya. Angka itu naik 15 persen semenjak Mayer didapuk menjadi bos Yahoo. Begitupun juga dengan penggunaan Yahoo mobile yang naik sebesar 15 persen menjadi 390 juta pengguna. “Ini hal yang belum pernah terjadi sebelumnya,” klaim bos wanita berparas cantik itu.

No comments:

Post a Comment