Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Thursday 3 October 2013

eBay Beli Startup Pesaing Terdekat PayPal

Singapore China PayPal

Situs lelang jual beli terpopuler, eBay, dilaporkan telah membeli startup yang mengembangkan platform pembayaran mobile global, Braintree. Pihaknya rela menggelontorkan dana hingga US$ 800 juta guna mencaplok startup tersebut.

Akuisisi tersebut betujuan agar Braintree dapat berkontribusi membantu pembayaran mobile di salah satu layanan populernya, yakni PayPal. Padahal sebelum diakuisisi, PayPal dan Braintrain bersaing ketat di bisnis pembayaran online. Kesepakatan transaksi ini akan ditutup pada akhir kuartal keempat nanti tahun ini.

Pihak eBay mengatakan, Braintree akan terus beroperasi dan menjadi unit terpisah dari PayPal maupun eBay, tetapi saling berkoordinasi. CEO Braintree pun Bill Ready bakal tetap memegang jabatannya. Begitupun juga dengan tim manajemen yang berjumlah lebih dari 180 karyawan akan tetap bekerja di kantor Braintree.

paypal

Adapun layanan yang dimiliki Braintree membantu perusahaan lain memudahkan proses pembayaran melalui web maupun perangkat mobile. Pihaknya juga memiliki aplikasi populer bernama Venmo. Aplikasi itu memungkinkan pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan melalui pesan teks atau SMS. Ada beberapa nama besar yangmenjadi kliennya, seperti Rovio, Uber, OpenTable, Fab, Airbnb, TaskRabbit, dan Heroku.

Saat ini, pengguna Paypal telah mencapai 120 juta. eBay sebagai pemilik PayPal beruntung layanan tersebut telah mendominasi pembayaran online selama satu dekade ini. Perkembangannya pun semakin tumbuh signifikan seiring ekspansi PayPal mobile sehingga memudahkan pengguna dapat bertransaksi melalui smartphone maupun tablet. eBay memperkirakan akan memperoleh pendapatan dari perangkat mobile mencapai US$ 20 miliar pada tahun ini.

Sekedar informasi, PayPal sebenarnya bukanlah layanan yang diciptakan langsung oleh eBay. Peciptanya ialah Peter Thiel dan Max Levchin. Mereka mendirikan PayPal pada 1998 silam. Kemudian, eBay pun mengakuisi PayPal senilai US$ 1.5 miliar. Pada saat itu, eBay ingin memudahkan penggunanya, melakukan penawaran barang dengan uang elektronik PayPal. Namun siapa sangka, memasuki kuartal kedua tahun ini, nilai transaksi yang menggunakan jasa PayPal telah mencapai US$ 43 miliar.

(sumber: Reuters)

No comments:

Post a Comment