Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Thursday 3 October 2013

Hands-On Review: Power Bank Lavios PB-522A dengan Desain Trendy

Perangkat gadget seperti smartphone atau tablet yang ada di pasaran saat ini sudah sangat beragam. Beberapa penggunanya pun juga sudah semakin beragam dan seolah sudah tak dapat terpisahkan lagi dari perangkat gadget pintar tersebut dalam menemani beragam aktivitasnya sehari-hari. Bahkan fenomena yang terjadi saat ini, hampir para pengguna yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi, memiliki perangkat gadget seperti smartphone lebih dari satu perangkat.

Untuk mendukung kegiatan mobilitasnya sehari-hari, tentunya para pengguna smartphone membutuhkan sumber daya seperti Power Bank yang dapat diandalkan. Berbagai merk Power Bank yang ada di pasaran saat ini sudah cukup beragam, mulai dari kapasitasnya hingga bentuknya yang semakin dinamis.
Kali ini, Kami kembali kedatangan sebuah Power Bank dari Lavios dengan nama seri PB-522A. Dengan desain yang cukup solid dan juga trendy, Lavios PB-522A memiliki kapasitas daya sebesar 5200 mAh dengan menggunakan cell battery dari Samsung.  Untuk mengetahui beberapa keunggulan lain yang dimiliki Lavios PB-522A ini, langsung saja simak pembahasan dari kami berikut ini!

 

Spesifikasi

  • Kapasitas: 5200 mAh
  • Input: DC 5V/1000 mAh
  • Output: DC 5V/1000 mAh
  • Input Charging Time: 5-6 Jam
  • Berat: 125.5 Gram
  • Dimensi: 99x45x24mm

Bentuk Fisik

DSC00043
Tampak agak menyamping, Power Bank Lavios PB-522A memiliki desain cukup stylish dengan balutan bahan plastik dove yang solid.
DSC00052
Power Bank Lavios PB-522A memiliki lekukan body yang cukup unik pada bagia sisi kirinya. Power Bank Lavios seri ini memiliki beberapa warna pilihan yang cukup cerah. Namun yang datang ke kantor kami adalah yang berwarna orange dengan perpaduan warna putih ditiap sisinya. Pada bagian depannya, terdapat tombol ON/OFF sekaligus indikator untuk mengetahui sisa kapasitas baterai dalam bentuk lampu LED yang menyala berjumlah 4 buah ketika kapasitas baterai dalam keadaan penuh.
DSC00053
Tampak dari belakang Power Bank Lavios PB-522A
Tampak samping kanan
Tampak samping kanan dengan perbandingan ukuran smartphone

Tampak samping kiri
Tampak samping kiri
DSC00038
Di bagian atasnya, terdapat fitur lampu senter dan juga output dari Power Bank Lavios PB-522A. Untuk mengaktifkan/non-aktifkan lampu senter tersebut dengan cara menekan tombol ON/OFF dua kali dengan cepat.

Kelengkapan

Dalam paket penjualan Power Bank Lavios PB-522A, tersedia satu buah pouch yang berguna sebagai kantung Power Bank yang dirancang cukup umum dengan adanya tali yang dapat memanjang untuk dikencangkan agar Power Bank tidak lepas dari kantungnya. Selain itu, tersedia juga satu buah buku panduan penggunaan Power Bank. Sayangnya, sama seperti produk Power Bank Lavios seri sebelumnya, dalam paket penjualan Power Bank seri ini, tidak tersedia kartu garansi produk.

DSC00025
DSC00056

Lavios PB-522A ini sangat cocok untuk pengisian perangkat komunikasi smartphone seperti, Blackberry, iPhone, Samsung, Nokia, MP3 Player dan perangkat gadget lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari delapan buah jenis konektor yang tersedia yang di antaranya sudah kompatibel dengan sebagian besar ponsel dan perangkat digital elektronik lainnya.
Disamping itu, tersedia juga dua bual kabel yang masing-masing memiliki ukuran panjang berbeda di antaranya dengan panjang 70 cm dan 15 cm.

USB Charger untuk bisa mengisi ulang power bank dengan colokan listrik rumah
USB Charger untuk bisa mengisi ulang power bank dengan colokan listrik rumah

Hasil Pengujian

Pengujian yang kami lakukan pada Power Bank Lavios PB-522A ini dengan menggunakan smartphone Samsung Galaxy Ace S5830 yang memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 1350 mAh. Smartphone seri ini sengaja kami gunakan sebagai representatif dari jenis smartphone yang beredar sekaligus lebih umum digunakan oleh masyarakat saat ini.

DSC00057
  • Initial Charge Time: 8 jam
  • Samsung Galaxy Ace S5830 Charge time: Dapat dipakai charge 3 kali, namun untuk pengisian yang ketiganya tidak sampai full 100%.
Dari hasil pengujian Power Bank Lavios PB-522A yang kami lakukan dengan ponsel Samsung Galaxy Ace S5830, Power Bank ini mampu melakukan pengisian ulang sampai 100% hingga dua kali. Untuk proses pengisian yang ketiganya hanya sampai sekitar 60% saja. Pengujian yang kami lakukan sama seperti produk Power Bank lain yang lebih dulu datang ke kantor kami, pada saat di charge, smartphone dalam keadaan standby (telepon, SMS, 3G aktif, WiFi mati).

Power Bank Lavios PB-522A ini juga telah dilengkapi dengan fitur lain yang cukup menarik dan sama seperti beberapa produk Power Bank lainnya yang sejenis, yakni Auto-Stop Charging. Fitur Auto-Stop Charging ini berfungsi ketika Power Bank terhubung dengan perangkat device. Ketika proses charge sukses terisi hingga 100%, maka akan secara otomatis mematikan Power Bank tersebut. Sayangnya Power Bank ini tidak dilengkapi dengan fitur Auto-Charge, sehingga pada saat ingin melakukan proses pengisian ke perangkat device, proses charge akan berjalan setelah menekan tombol ON/OFF.

 

Kesimpulan

Power Bank Lavios PB-522A ini memiliki performa yang cukup baik. Penggunaan cell battery dengan merk Samsung dengan kapasitas baterai sebesar 5200 mAh. Walaupun dengan kapasitas 5200 mAh dirasa cukup standar, Lavios PB-522A ini sudah cukup untuk menemani aktivitas keseharian Anda yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi. Dengan fitur Auto-Stop Charging, merupakan fitur yang cukup nyaman karena dapat melindungi perangkat gadget Anda ketika proses charge telah berhasil hingga 100%.

Sayangnya proses pengisian ulang di Lavios PB-522A membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, meskipun pada saat menggunakan charger USB maupun tidak. Bagi Anda yang terbiasa menaruh Power Bank di saku celana, Lavios PB-522 A ini masih terasa kurang nyaman diletakkan di saku celana walaupun dari penampilannya terlihat agak ramping. Namun, performa yang diberikan oleh Power Bank ini, sudah cukup membantu kegiatan Anda sehari-hari dengan perangkat gadget Anda.

source

No comments:

Post a Comment