Selamat Datang ,Dan Selamat Membaca, Enjoyy :)

Tuesday, 29 October 2013

Pertama Kalinya Pembuat iPad Prioritaskan Cina

Di masa lalu, penggemar perangkat tablet Apple di Cina mesti membeli iPad yang berasal dari Hong Kong dan negara lainnya dengan harga jauh lebih tinggi. Bahkan, beberapa dari mereka pergi langsung ke Hong Kong untuk membeli produk terbaru Apple itu, sebelum peluncuran resmi di Cina dibuka. Namun itu masa lalu, sewaktu Apple masih apatis dengan pasar Cina.

Pendiri Apple

Kini konsumen di Cina, bukan hanya fanboy, mendapatkan hak ekslusif dari Apple menjadi salah satu wilayah pertama yang mendapatkan tablet generasi terbarunya, iPad Air dan iPad Mini terbaru dengan Retina Display. Perangkat itu mulai tersedia di ritel Apple di Cina dan beberapa negara tertentu pada 1 November mendatang dengan harga mulai dari 3.588 yuan (Rp 6,4 juta) untuk versi 12GB. Sementara iPad Mini dijual mulai dari 2.888 yuan (Rp 5,2 juta) pada akhir November.

Ini menjadi sinyal yang cukup jelas bahwa Apple memandang Cina telah menjadi pasar penting guna mendongkrak penjualan perangkat mobile-nya. Dan juga merupakan hal yang sama dan pertama kalinya juga ketika Apple meluncurkan dua smartphone terbarunya, iPhone 5S dan iPhone 5C pada September lalu di Cina.

Seperti dilansir dari Wall Street Journal, Cina sendiri telah berhasil menyalip Amerika Serikat sebagai pasar smartphone terbesar di dunia dan juga telah menjadi wilayah pertempuran pasar untuk beberapa nama besar. HTC misalnya yang bulan ini, lebih memilih Cina ketimbang AS untuk meluncurkan smartphone terbaru andalannya, HTC One Max. Bahkan Jack Tong, kepala operasi HTC di Cina mengatakan, “Sekarang, tiap pemasok harus memprioritaskan pasar terbesar di dunia,”.

Di Cina pun, Apple tak sendirian dalam menjual tablet maupun smartphone. Pihaknya menghadapi kompetisi sulit dari raksasa asal Korea Selatan, Samsung dan pemain lokal, seperti Lenovo, Huawei, dan Xiaomi yang merupakan “The Big Three” di Cina.

Terlebih pada kuartal kedua ini menurut data dari Canalys, pangsa pasar tablet di Cina turun dari 63 persen menjadi 46 persen, meski masih menempati posisi pertama. Sebaliknya, pangsa pasar Samsung malah terus meningkat hingga dua kali lebih dibanding tahun lalu, dari 8 persen menjadi 18 persen dan berada di posisi kedua.

Dengan kata lain, Apple melalui tabletnya kini mencoba untuk mempertahankan supermasinya di Cina. Ini mengingat dua smartphone terbarunya, terutama iPhone 5C tak cukup memikat perhatian konsumen Cina yang mendambakan handset murah. namun berkualitas dan mewah.

No comments:

Post a Comment