Chairman Google, Eric Schmidt memperediksikan bagaimana masa depan
majalah versi media cetak lambat laun akan segera tergantikan oleh
perangkat tablet. Saat ini sudah banyak, aplikasi mobile atau yang
menyediakan konten majalah berbentuk digital. Meski tak selebar majalah,
tampilan kontennya pun mampu disesuaikan dengan baik di layar tablet
yang berukuran 7 hingga 10 inci.
“Tablet sekarang lebih populer dari PC. Anda dapat membacanya, tablet
tahu di mana Anda, memiliki accelerometer. Ada segala macam hal yang
penerbit majalah bisa lakukan di tablet, namun tidak bisa dilakukan di
majalah cetak,” ujar Schmidt dalam sebuah acara yang diadakan Asosiasi
Penerbit Majalah se-Amerika Serikat, seperti dilansir Mashable.
Schmidt percaya dalam waktu lima tahun mendatang, tablet akan menjadi
perangkat baca pengganti dari media tradisional, seperti majalah dan
koran cetak berbahan kertas. Selain memiliki biaya produksi penerbitan
yang lebih murah, distribusi majalah ke pembaca bisa lebih cepat, dan
penerbit bisa mencetak majalah sebanyak yang mereka inginkan, tanpa
mengkhawatirkan menumpuknya edisi yang tak terjual.
Selain itu, menurut Schmidt, keuntungan yang bisa diperoleh penerbit
ialah dapat memantau grafik sosial dan data lokasi pembacanya serta
berbagai fitur lain yang dapat membantu meningkatkan interaksi antara
penerbit ke pembaca.
“Ini sangat positif bagi penerbit. Dalam dunia periklanan online,
lokasi memungkinkan Anda lebih banyak menempatkan iklan yang sesuai
dengan target wilayah, semakin besar kemungkinan pembaca untuk mengklik
iklan, dan semakin besar juga kemungkinan pengiklan untuk menawar harga
iklan yang lebih tinggi,” ungkap Schmidt.
Sayangnya, Ia tidak menjelaskan apakah iklan di penerbit majalah akan
mampu bersaing dengan layanan penyedia iklan digital yang ditawarkan
Google atau Facebook. Pasalnya selama ini, pangsa pasar iklan yang
dimiliki majalah kian dirampas oleh perusahan internet. Banyak
perusahaan yang lebih mengiklankan produknya melalui layanan Google,
seperti AdWord ketimbang mesti diselipkan di majalah, baik cetak maupun
digital.
No comments:
Post a Comment